Jumat, 30 Juli 2010

ANALISIS FORUM JUAL BELI DI KASKUS.US


ANALISIS FORUM JUAL BELI DI KASKUS.US

Di era sekarang banyak sekali sesuatu yang dulunya dikerjakan dengan manual tetapi sekarang dapat dikerjakan secara otomatis, cepat, efisien dan tentu saja murah. Salah satu contohnya yaitu, melakukan transaksi Jual-Beli secara on-line atau biasa disebut di dunia maya e-commerce.
Tentunya dengan adanya e-commerce tersebut dapat mempermudah kita dalam melakukan transaksi jual-beli. Sehingga menghemat waktu, tenaga dan uang kita dalam membeli maupun menjual barang.
Nah salah satu contoh e-commerce tersebut yang sedang populer saat ini yaitu, Forum Jual Beli Kaskus atau biasa disebut FJB KASKUS.
FJB (Forum Jual Beli) di Kaskus adalah salah satu tempat transaksi jual beli online yang terbesar di Indonesia. Kaskus sendiri merupakan situs internet yang bentuknya berupa forum.
Forum di kaskus.us sendiri terdiri dari beberapa kategori. FJB adalah salah satu dari kategori-kategori yang ada di Kaskus. Di FJB kaskus pun terdiri dari beberapa kategori mulai dari jual-beli barang-barang branded yang masih baru sampai barang-barang yang sudah pernah di pake alias second. Tapi tentu saja harga barang tersebut relatif lebih murah ketimbang anda membeli di toko. Karena penjual tidak harus membiayai sewa operasional toko, gaji karyawan, pajak, dsb.
Jika kita ingin belanja di FJB Kaskus, sebenarnya tidak terlalu sulit dan pada dasarnya sama dengan belanja konvensional (belanja di dunia nyata) yaitu kita cari barang yang kita inginkan, kita berinteraksi kepada penjual, baik dalam melakukan tawar menawar sampai persetujuan pembelian barang, dan juga pengiriman barang yang telah di setujui untuk dibeli.
Nah berikut ini adalah beberapa cara serta tips-tips untuk melakukan transaksi Jual-Beli di FJB kaskus.us.
Syarat-syaratnya, yaitu :
  1. Menjadi member di Kaskus.us

  2. Memiliki account rekening di Bank.
Adapun cara belanjanya yaitu :

  1. Kunjungi Kaskus. Kemudian Log in di pojok atas page kaskus. Kemudian pilihlah tab JUAL/BELI.
  1. Setelah memilih tab Jual/beli, maka page akan load ke page FJB kaskus.
  1. Kemudian pilihlah barang yang anda cari di item ”Pilihlah Kategori Barang”. Atau jika barang yang anda cari kurang sepesifik / ingin lebih cepat mencarinya, maka anda bisa mencari barang yang anda ingin beli dengan mengetikkan nama barang yang anda inginkan di kotak search yang terletak di pojok kiri atas halaman FJB kaskus. Misalnya anda ingin mencari sepatu.
  1. Setelah masuk, saatnya berkunjung ke postingan si penjual sepatu yang dipilih. Berikut adalah salah satu penjual yang saya pilih dengan memperhatikan yang dilingkar merah yaitu rating (semakin tinggi bintangnya semakin baik), Replies (berarti banyak transaksi yang terjadi di penjual tersebut), views (pengunjung yang telah datang ke postingan si penjual, meskipun tidak melakukan transaksi).

  1. Ketika kita telah membuka link penjual, periksa terlebih dahulu status penjual, postingan penjual, dan testimonial (komentar) dari orang-orang yang telah membeli produk penjual tersebut. Contoh spesifikasinya, lihat gambar berikut:
  1. Status penjual dapat dilihat di atas dan di bawah avatar si penjual. Mulai dari reputasinya, jumlah postingan, sampai pangkat. Semakin tinggi reputasi dan pangkatnya, maka semakin baik. Tapi hal tersebut bukan 100% aman dalam kita melihat apakah si seller benar-benar serius dalam menjual barangnya atau tidak, tapi hal tersebut menjadi salah satu kriteria yang penting untuk kita membeli barang.
Berikut adalah Reputasi Bar, untuk melihat reputasi user di Kaskus :
Berikut adalah pangkat-pangkat di kaskus, ini diukur dari jumlah posting (post maupun post reply) :
* 0-99 newbie

* 100-499 kaskusser

* 500-749 aktivis kaskus

* 750-999 kaskus holic

* 1.000 – 3.999 kaskus addict

* 4.000 – 9999 kaskus maniac

* 10.000 – 24.999 = kaskus geek

* 25.000 – 49.999 = kaskus freak

* 50.000 – ~ = made in kaskus

  1. Berikut adalah hal yang harus anda lihat selain reputasi, jumlah postingan dan pangkat penjual sebelum anda membeli barang dari si seller, yaitu testimonial dari para member yang sudah terlebih dahulu membeli barang dari si seller tersebut.
  1. Jika anda sudah melihat semuanya dan merasa cukup aman dalam melakukan transaksi dengan si seller tersebut, maka langkah selanjutnya adalah anda tanyakan kepada seller dengan cara menulis komentar di forumnya. Tanya ketersediaan barang, status barang, penawaran harga, sistem pembayaran, dan ongkos kirim ke tempat anda.

  2. Setelah anda membayar melalui transfer melalui rekening bank anda (pembayaran biasanya dilakukan melalui transfer), segera konfirmasi ke penjualnya kalau anda telah mengirim pembayarannya dan anda tinggal menunggu pengiriman barang yang telah anda pesan. Jika memungkinkan, lebih baik anda melakukan COD (Cash On Delivery) jika anda dan penjual berada di satu kota terutama jika anda ingin membeli barang mahal.
Demikian analisis saya dalam melakukan transaksi jual-beli di FJB kaskus.us. semoga referensi saya ini dapat berguna bagi para member kaskus yang ingin melakukan transaksi di FJB. Jangan lupa ane di kasih Cendolnya ya gan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar